Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas  (2024)

Travel Bestie

23 Jul 2024 - 5 min read

Musim di Latvia – Pernah bermimpi untuk berkunjung ke Latvia? Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk merencanakan perjalananmu ke negara di Eropa Utara tersebut. Latvia yang pernah dikuasai oleh Uni Soviet dan Jerman ini merupakan negara kecil dengan luas wilayah 64 ribu kilometer persegi.

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (1)

Meski wilayahnya tidak terlalu luas, tapi negara beribukota Riga ini punya keunikan tersendiri. Bisa dibilang Latvia adalah negara paling hijau di Eropa dengan sekitar 54% wilayahnya adalah hutan dan 10% di antaranya merupakan wilayah berlumpur.

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (2)

Ada belasan ribu sungai dan ribuan danau kecil di Latvia, menjadikannya spot terbaik untuk menikmati ketenangan. Latvia adalah negara empat musim di mana masing-masing musim memiliki kekhasannya tersendiri.

Jika ingin mengunjungi negara ini, sesuaikan waktu keberangkatan dengan musim di Latvia. Beberapa musim mungkin jadi yang terbaik untuk wisatawan, tapi sisanya mungkin jadi musim yang perlu dipertimbangkan, khususnya bagi pengunjung dari negara tropis.

Latvia memiliki iklim maritim sedang dengan musim yang berbeda, masing-masing musim di Latvia menawarkan pesona unik dan aktivitas yang coco*k untuk wisatawan. Sebagai negara bagian utara, Latvia mengalami musim dingin yang cukup panjang dan gelap (November hingga Februari). Umumnya tidak terlalu dingin atau bersalju, tapi suhu rata-rata sekitar -10°C dan suhu bisa mencapai -20°C selama beberapa hari setiap tahun.

Musim semi sangat indah dengan banyak bunga dan pohon buah-buahan yang bermekaran serta semak belukar. Musim panas adalah musim favorit sebagian besar orang Latvia karena malam "putih" yang panjang dan suhu hangat, rata-rata suhunya cukup menyenangkan, yakni 20°C. Namun, tidak jarang terjadi periode suhu meningkat sekitar 30°C.

Musim gugur populer di kalangan pecinta alam karena dedaunan berwarna-warni dan banyaknya jamur liar yang bisa didapat di hutan. Latvia adalah negara hijau yang sangat subur serta curah hujannya cukup deras.

sem*ntara di wilayah pesisir, terutama pesisir barat sem*nanjung Courland, memiliki iklim maritim dengan musim di Latvia yang agak panas tapi menjadi lebih sejuk saat musim dingin. Sedangkan wilayah timur memiliki iklim yang lebih kontinental dengan musim panas yang lebih hangat dan musim dingin yang membeku. Daugavpils di tenggara Latvia telah menjadi lokasi dengan suhu terendah dan juga tertinggi.

Latvia mempunyai empat musim dengan durasi yang hampir sama. Musim dingin dimulai pada pertengahan Desember dan berlangsung hingga pertengahan Maret. Musim dingin memiliki suhu rata-rata −6°C dan ditandai dengan tutupan salju yang stabil, sinar matahari yang cerah, dan hari yang pendek. Cuaca musim dingin yang parah disertai angin dingin, suhu ekstrem sekitar −30°C, dan hujan salju lebat sering terjadi.

Musim panas dimulai pada bulan Juni dan berlangsung hingga Agustus. Musim panas biasanya hangat dan cerah, dengan sore dan malam yang sejuk. Musim panas memiliki suhu rata-rata sekitar 19°C, dengan suhu ekstrem 35°C. Musim semi dan musim gugur diwarnai dengan cuaca yang cukup sejuk.

Baca juga: Layak Masuk Itinerary, Ini 7 Destinasi Kota di Eropa yang Belum Banyak Orang Tahu

Musim dingin di Latvia sangat dingin, sering kali berada di bawah titik beku, terutama di daerah pedalaman. Sebagian besar wilayah tertutup salju tebal, dengan suhu biasanya antara -5°C dan -15°C.

Periode ini ideal untuk olahraga musim dingin seperti ski dan seluncur es. Kota Tua Riga juga sangat indah di musim dingin, dengan arsitektur abad pertengahannya yang diselimuti salju secara romantis.

Latvia memang tidak memiliki gunung yang sangat tinggi, tapi terdapat jalur ski gunung di banyak tempat, di mana kamu dapat menyewa peralatan yang diperlukan dan belajar di bawah bimbingan seorang instruktur. Kamu juga dapat pergi ke jalur bobsleigh, luge, dan skeleton Sigulda, mengendarai gokart musim dingin, atau melakukan pendakian musim dingin melalui rawa.

Memancing di es juga merupakan aktivitas musim dingin yang populer di Latvia. Di musim dingin yang sangat dingin, air laut membeku, menciptakan pahatan es dan tumpukan gundukan es yang menakjubkan.

Setelah kedinginan, kamu bisa menghangatkan diri dengan pergi ke sauna. Di Latvia, aktivitas ini populer terutama di musim dingin, saat cuaca sangat dingin.

Musim semi adalah musim di Latvia yang menjadi kebangkitan alam, dengan suhu berangsur-angsur menghangat hingga 10°C dan 20°C pada siang hari. Ini saat yang tepat untuk hiking dan mengamati burung, terutama di taman nasional seperti Taman Nasional Gauja, yang semakin ramai di musim ini.

Musim di Latvia pada saat ini merupakan masa berbunga. Direkomendasikan untuk layak mengunjungi Sigulda pada bulan Mei, saat bunga sakura bermekaran di Lembah Gauja dan kamu dapat melihat bagaimana pepohonan yang baru mekar berubah menjadi semak putih.

Di Dobele, kamu dapat mengunjungi festival mekarnya bunga lilac, yang berlangsung setiap tahun pada akhir Mei dan awal Juni. Kamu juga dapat menikmati indahnya taman bunga lilac yang bermekaran di Museum Hortikultura P. Upītis.

Sedangkan di Riga, di Victory Park (taman Uzvaras), setiap musim semi kamu bisa berjalan-jalan di tengah awan bunga berwarna merah muda dengan mengunjungi taman bunga sakura yang ditanami 114 pohon sakura.

Baca juga: Itinerary Tur Eropa Barat 14D13N (Belgia, Prancis, Italia, Belanda, Swiss)

Musim panas adalah musim terpanas di Latvia, dengan suhu umumnya antara 20°C dan 30°C. Ini adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Latvia, menikmati siang hari hingga 18 jam dan coco*k untuk berbagai aktivitas luar ruangan, termasuk melakukan perjalanan di sepanjang pantai Laut Baltik atau bersantai di pantai pasir putih yang indah di kota resor Jūrmala, Latvia.

Selain itu, ini adalah waktu yang tepat untuk bersepeda. Saat memilih rute yang sesuai, disarankan mengunjungi kota-kota kecil yang tenang dengan nilai warisan, seperti Cēsis, Kuldīga, Rēzekne dan lain-lain.

Musim di Latvia pada saat musim panas menjadi momen merayakan berbagai festival. Hampir setiap akhir pekan, sebuah kota mengadakan perayaannya sendiri. Dalam perayaan tersebut, kamu dapat membeli produk yang ditanam oleh petani atau produk pengrajin yang dibuat oleh desainer lokal, serta menikmati budaya lokal di konser dan pertunjukan lainnya.

Memasuki bulan September, musim di Latvia berganti menjadi musim gugur. Pada musim ini, cuaca di Latvia cenderung sejuk dan menyenangkan, dengan suhu antara 10°C dan 20°C. Hutan dihiasi dengan warna musim gugur yang spektakuler, menjadikannya musim yang ideal bagi para fotografer.

Musim ini juga coco*k untuk mencari jamur dan buah beri, menawarkan kesempatan untuk mengikuti tur, menikmati sajian lokal, dan merasakan kehidupan pedesaan Latvia. Di Riga, teater serta Opera dan Balet Nasional Latvia memulai pertunjukkan terbarunya di musim gugur. Kafe-kafe juga menjadi pilihan yang tepat untuk bersembunyi dari hawa dingin musim gugur.

Musim ramai turis di Latvia sebagian besar terjadi pada musim panas dan musim dingin. Kedua musim ini menarik banyak pengunjung karena kondisi iklim yang unik dan beragam aktivitas yang ditawarkan.

Dalam hal anggaran, berkunjung ke Latvia saat musim panas dan musim dingin terbilang mahal. Sebab biaya penerbangan, akomodasi, dan aktivitas relatif tinggi. Jika anggaran kamu terbatas, pertimbangkan untuk berkunjung pada musim semi atau musim gugur ketika jumlah wisatawan lebih sedikit dan harga lebih menguntungkan.

Meski dua musim di Latvia, yakni musim semi dan musim gugur bukan menjadi musim ramai turis, tapi keduanya memiliki daya tarik tersendiri. Kebangkitan alam di musim semi dan warna-warna cerah di musim gugur memberikan peluang bagus bagi para fotografer dan pecinta alam.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Paris Terbaru 2024, dari Kabaret sampai Museum Unik

Latvia memiliki sejumlah event menarik yang bisa dinikmati oleh turis asing. Berikut di antaranya:

Riga Opera Festival

Bulan: Juni

Deskripsi: Perayaan musik klasik dan opera, menampilkan pertunjukan Opera Nasional Latvia dan bintang tamu internasional.

Positivus Festival

Bulan: Pertengahan Juli

Deskripsi: Festival musik dan seni terbesar di Latvia, diadakan di kota pesisir Salacgrīva, menampilkan campuran artis rock, pop, dan elektronik internasional.

Riga City Festival

Bulan: Pertengahan Agustus

Deskripsi: Deretan festival akhir pekan yang diselenggarakan di ibukota, termasuk konser, parade, dan pertunjukan jalanan.

Staro Riga Festival of Light

Bulan: 18 – 21 November

Deskripsi: Festival cahaya spektakuler di mana bangunan, monumen, dan jembatan di Riga diterangi dengan instalasi cahaya kreatif.

Latvian Song and Dance Festival

Bulan: Setiap lima tahun sekali di bulan Juli

Deskripsi: Sebuah acara budaya besar-besaran yang menampilkan musik, tarian, dan kerajinan tradisional Latvia, menarik peserta dan penonton dari seluruh negara.

Sigulda Opera Music Festival

Bulan: Agustus

Deskripsi: Diadakan di kota Sigulda yang indah, festival ini menampilkan pertunjukan opera di udara terbuka dengan latar belakang Kastil Sigulda abad pertengahan.

Jūrmala Music Festival

Bulan: Juli

Deskripsi: Serangkaian konser musik klasik dan pop yang menampilkan artis lokal dan internasional, bertempat di resor tepi laut Jūrmala yang indah.

Demikian informasi musim di Latvia yang bisa dijadikan panduan untuk berwisata ke sana. Jadi, sudah tentukan tanggal liburan ke Latvia? Segera booking tiket pesawat dan hotelnya lewat Traveloka.

Ada banyak promo menarik yang bisa kamu dapatkan setiap harinya. Hanya di Traveloka, kamu bisa penuhi semua kebutuhan liburan lewat satu aplikasi. Tunggu apalagi, download aplikasinya sekarang dan nikmati perjalananmu ke Latvia!

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (3)

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (4)Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (5)Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (6)Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (7)

Book Now

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (8)

Air Baltic

Mulai dari Rp 807.300

Thu, 8 Aug 2024

Pesan Sekarang

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (9)

Scandinavian Airlines

Mulai dari Rp 1.844.545

Fri, 23 Aug 2024

Pesan Sekarang

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas (10)

Lufthansa

Mulai dari Rp 2.853.660

Mon, 12 Aug 2024

Pesan Sekarang

Dalam Artikel Ini

Musim di Latvia

Musim Dingin di Latvia (Desember – Februari)

Musim Semi di Latvia (Maret – Mei)

Musim Panas di Latvia (Juni – Agustus)

Musim Gugur di Latvia (September – November)

Peak Seasons di Latvia

Event Spesial di Latvia

Musim di Latvia: Pantauan Cuaca, Event, dan Rekomendasi Aktivitas  (2024)
Top Articles
New York's mail-in voting law upheld by the state's top court
2 charged in alleged swatting plot targeting an ex-president and lawmakers
#ridwork guides | fountainpenguin
Kevin Cox Picks
Stretchmark Camouflage Highland Park
Coverage of the introduction of the Water (Special Measures) Bill
Comforting Nectar Bee Swarm
Coindraw App
Lycoming County Docket Sheets
Bill Devane Obituary
Remnant Graveyard Elf
Hello Alice Business Credit Card Limit Hard Pull
Winterset Rants And Raves
Builders Best Do It Center
Transfer Credits Uncc
Espn Horse Racing Results
Zalog Forum
R Personalfinance
Vrachtwagens in Nederland kopen - gebruikt en nieuw - TrucksNL
ZURU - XSHOT - Insanity Mad Mega Barrel - Speelgoedblaster - Met 72 pijltjes | bol
Aris Rachevsky Harvard
Dragger Games For The Brain
Garnish For Shrimp Taco Nyt
Mega Personal St Louis
Gazette Obituary Colorado Springs
Bennington County Criminal Court Calendar
Vivaciousveteran
Kirk Franklin Mother Debra Jones Age
Carroway Funeral Home Obituaries Lufkin
Buhl Park Summer Concert Series 2023 Schedule
Ncal Kaiser Online Pay
R/Mp5
Learn4Good Job Posting
Jambus - Definition, Beispiele, Merkmale, Wirkung
Scioto Post News
AP Microeconomics Score Calculator for 2023
Sinai Sdn 2023
Scottsboro Daily Sentinel Obituaries
Enjoy4Fun Uno
Jack In The Box Menu 2022
Registrar Lls
Henry Ford’s Greatest Achievements and Inventions - World History Edu
The best specialist spirits store | Spirituosengalerie Stuttgart
Emily Browning Fansite
The Cutest Photos of Enrique Iglesias and Anna Kournikova with Their Three Kids
Sinai Sdn 2023
Madden 23 Can't Hire Offensive Coordinator
Craigslist Sarasota Free Stuff
Urban Airship Acquires Accengage, Extending Its Worldwide Leadership With Unmatched Presence Across Europe
Deviantart Rwby
Kobe Express Bayside Lakes Photos
Códigos SWIFT/BIC para bancos de USA
Latest Posts
Article information

Author: Patricia Veum II

Last Updated:

Views: 5684

Rating: 4.3 / 5 (44 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Patricia Veum II

Birthday: 1994-12-16

Address: 2064 Little Summit, Goldieton, MS 97651-0862

Phone: +6873952696715

Job: Principal Officer

Hobby: Rafting, Cabaret, Candle making, Jigsaw puzzles, Inline skating, Magic, Graffiti

Introduction: My name is Patricia Veum II, I am a vast, combative, smiling, famous, inexpensive, zealous, sparkling person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.